Beriman - Berkarakter - Berilmu

Asesmen Nasional 2024: Fokus Literasi dan Numerasi

Pengembangan Kapasitas Diri Peserta Didik SMP Excellent 1 Kota Tangerang

Danu Yusuf, S.Pd

9/4/2024

AKM SMP Excellent 1 Kota Tangerang
AKM SMP Excellent 1 Kota Tangerang

Asesmen Nasional 2024

Asesmen Nasional merupakan agenda penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Tahun 2024 ini, SMP Excellent 1 Kota Tangerang turut serta dalam pelaksanaan asesmen ini dengan fokus dua penilaian utama yaitu literasi dan numerasi. Literasi dan numerasi adalah dasar kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Literasi tidak hanya sekedar kemampuan membaca, tetapi juga memahami dan menganalisis teks dengan baik. Sebagaimana dijelaskan dalalam Pusat Asesmen Pendidikan, kemampuan literasi yang terdiri dari enam level meliputi kemampuan untuk menemukan informasi, memahami dan menyusunn inferensi, membuat koneksi dan prediksi dan juga mengevaluasi atau menetapkan keputusan.

Terkait: Asesmen Bakat dan Minat 2024

Sementara itu, numerasi merupakan kemampuan untuk memahami dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Asesmen ini terdiri dari lima level sesuai dengan jenjang kelasnya. Ini meliputi kemampuan menggunakan bilangan, geometri, pengukuran, aljabar, pengolahan data, peluang dan ketidakpastian. Aspek ini sangat penting untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi pelajaran dan mampu menerapkannya.

Artikel Lain:  P5, Bhinneka Tunggal Ika

SMP Excellent 1 Kota Tangerang telah mempersiapkan berbagai langkah untuk menghadapi Asesmen Nasional 2024. Mereka mengadakan sesi belajar tambahan dan pembekalan. Selain itu, dukungan moral dan psikologis juga diberikan kepada siswa agar mereka dapat menghadapi asesmen ini dengan percaya diri.

Berita Lain: Komitmen Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pelayanan

Survei Karakter dan Lingkungan Belajar

Selain penilaian kedua komponen seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kegiatan Asesmen Nasional ini juga meliputi Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Dikutip dari situs KemendikbudSurvei Karakter ditujukan untuk mengukur perkembangan karakter peserta didik sebagai salah satu capaian pembelajaran. Enam karakter yang diukur pada peserta didik di Indonesia didasarkan pada profil pelajar Pancasila: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, khususnya akhlak pada manusia, akhlak pada alam, dan akhlak bernegara, 2) gotong-royong, 3) kreativitas, 4) nalar kritis, 5) kebinekaan global, dan 6) kemandirian.

Artikel Lain: MPLS 2024 SMP Excellent 1 Kota Tangerang

Berbeda dengan penilaian pada umumnya yang menggunakan format angka atau huruf, penilaian ini akan menampilkan empat jenis profil yang mewakili karakter peserta didik yang disebut sebagai profil pencapaian seperti 1) Belum terinternalisasi, 2) Perlu dikembangkan, 3) Telah berkembang, 4) Telah membudaya.  Sementara Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) digunakan untuk mengukur, mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan. Hasil dari Informasi yang diperoleh dalam survei ini adalah tentang faktor-faktor dari aspek input dan proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi output peserta didik.

Artikel Terkini:  +50 Kosakata Bahasa Inggris tentang Tubuh Manusia

Melalui asesmen ini, diharapkan SMP Excellent 1 Kota Tangerang dapat mengetahui sejauh mana efektivitas pembelajaran yang telah dilakukan. Tentu saja, ada tantangan tersendiri dalam menyiapkan peserta didiknya dalam kegiatan ini, terutama dalam menjaga semangat belajar tetap tinggi. Namun, dengan kerjasama yang baik antara guru, siswa, dan orang tua, tantangan ini bisa dihadapi dengan lebih mudah.

Asesmen Nasional 2024 adalah ajang penting bagi SMP Excellent 1 Kota Tangerang untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan fokus pada literasi dan numerasi, sekolah ini berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi siswa-siswanya. Tentunya, dukungan dari berbagai pihak akan sangat berharga dalam mewujudkan keberhasilan asesmen ini.

Baca Juga: Pesantren Ramadhan 2024

Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi semua pihak. Pemerintah setempat dapat menjadikan bahan evaluasi dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan. Satuan pendidikan dapat mengevaluasi proses kegiatan belajar mengajar baik secara input maupun hasil pendidikan. Guru dan peserta didik dapat mengetahui sejauh mana hasil KBM mereka sehingga dapat meningkatkan kualitas KBM menjadi lebih baik.

Artikel Lain: Peringatan Maulid Nabi, Memperkuat Rasa Cinta Kepada Nabi Muhammad SAW.